Tuesday, May 10, 2011

Soal dan Jawaban UTS


1. Apakah definisi dari bisnis ritel itu jelaskan? (file 1)
semua kegiatan yang terlibat dalam menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk kepentingan pribadi, non-bisnis digunakan
2. terdapat 3 macam jasa dalam industri ritel : self service, self-selection, dan limited service. Jelaskan dan berikan 2 contoh sekitar kita bisnis ritel yang menerapakan tersebut? (file 1)
Self service adalah konsumen lebih bebas memilih produk yang dipilih oleh masyarakat. sistem pelayanan  terpadu yang memungkinkankonsumen dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus langsung datang ketempatanya.
Contohnya ;-  membayar utang, menyetor atau menarik dana, dan transfer yang ditakukan secara otomatis metatui anjungan tunai mandiri (ATM) atau sarana phone banking sistem pelayanan ini hanya dapat dilakukan apabila didukung oleh tersedianya sarana fasititas dan kesiapan semua pihak terkait.
- Makanan prasmanan
Self-selection adalah partisipan sendiri yang memutuskan untuk ikut suatu survey misalnya. Contoh: - survey presiden mana yang akan dipilih yang diadakan oleh suatu situs akan mengalami bias ini, karena orang-orang yang berpartisipasi adalah orang-orang yang memiliki opini yang condong ke salah satu calon.
- Orang-orang yang cenderung tidak menyukai calon yang ada cenderung akan tidak mau menyusahkan diri meluangkan waktu dan uang untuk mengikuti survey itu. Maka survey seperti ini tidak dianggap valid sebagai suatu dasar.
Limited service adalah di mana pelanggan umumnya memesan atau memilih item dan membayar sebelum makan. Makanan dan minuman boleh dikonsumsi di tempat, dibawa keluar, atau dikirim ke lokasi pelanggan. Beberapa perusahaan di industri ini dapat memberikan layanan makanan ini dalam kombinasi dengan menjual minuman beralkohol.
*    Contoh: -restoran toko makanan, restoran Keluarga, layanan terbatas, restoran cepat saji, layanan pizza panti Limited,
*    -toko Pizza pengiriman, takeout tempat makan, bungkus makanan toko sandwich
*     
3. apa saja indikator bahwa penjualan kita efektif jelaskan? (file 1)
      Jumlah orang yang lalu lalang
      % yang masuk took
      % Dari mereka yang membeli
      Jumlah yang dihabiskan per penjualan
4. sebutkan dan jelaskan trend dalam industri ritel dewasa ini? (file 2)
      Perbedaan dalam Format Retail => besar, kecil
      Meningkatnya konsentrasi industri
      Globalisasi
      Penggunaan berbagai cara interaksi pada konsumen
5. bagaimana cara pengecer dapat berinteraksi dengan konsumennya jelaskan? (file 2)
      Retail non-store => teknologi
      Store retail => direct mail, katalog
      Cara kombinasi => internet, katalog ,
6. sebutkan dan jelaskan 3 dari 5 fungsi bisnis ritel? (file 2)
      Menyediakan berbagai jenis produk dan jasa
      Memecah ukuran produk
      Penyimpan persediaan=> jaminan tersedia
7. sebutkan dan jelaskan 4 macam penjualan yang tidak menggunakan toko? (file 2)
      Ritail Elektronik
     Vending machine
     Melalui telepon
     Menggunakan situs internet
     Kartu kredit, transfer bank
      Katalog dan Pemasaran Surat Langsung
      Direct Selling => hub jk panjg
      Television home shopping
8. sebutkan dan jelaskan proses belanja para konsumen (file 3)
      Pengenalan kebutuhan *
      Pencarian informasi *
      Mengurangi pencarian informasi
      Evaluasi atas bbg alternatif
      Evaluasi setelah belanja
9. sebelum melakukan pembelian, konsumen akan mencari informasi. Faktor-faktor apa saya yang mempengaruhi  konsumen dalam melakukan informasi tersebut? jelaskan (file 3)
      Sifat dan penggunaan produk yg dibeli => makin kompleks makin mendalam
      Karakteristik pribadi pelanggan => berhati2, hemat, cermat
      Aspek pasar dan situasi dimana belanja tsb berlangsung
10. bagaimana cara membangun loyalitas konsumen? (file 4)
          Mengembangkan strategi yg jelas dan tepat => positioning program
          Menciptakan hubungan emosional dg para konsumen mll program loyalitas \
11. terdapat empat macam kunci sukses keberhasilan dalam bisnis ritail ketika memasuki pasar global. Sebutkan dan jelaskan (file 4)
      Keunggulan bersaing yg dpt dipertahankan scr global
      Kemampuan menyesuaikan
      Budaya global
      Kemampuan finansial
12. bagaimana formasi yang mungkin dalam kita membentuk struktur organisasi dalam bisnis ritail? Sebutkan dan jelaskan disertai contoh struktur organisasinya. (file 5)
      Struktur organisasi FUNGSIONAL, mis: dept promosi, dept. keuangan, dept. SDM, dept. pengawasan toko
      Struktur organisasi PRODUK, mis: manajer pakaian pria, manajer pakaian anak2, manajer pakaian dalam, dst.
      Struktur organisasi GEOGRAFIS, mis: manajer lokasi A, manajer lokasi B, dst.
      Struktur organisasi KOMBINASI, mis: Manajer Promosi membawahi manajer lokasi A dan B.
13. masalah hukum dan perundangan-undangan  apa saja yang harus diperhatikan para pengecer? (file 5)
      Kesempatan yang sama bagi setiap karyawan
      Gaji atau kompensasi
      Hubungan ketenagakerjaan
      Keselamatan dan kesehatan kerja
      Pelecehan seksual
      Privasi karyawan
14.  bagaimana cara meminimalkan pencurian barang dagangan? Jelaskan (seminar 30 april 2011)
- kamera pengintai atau cctv
- motivasi kepada karyawan, sehingga semakin sedikit kehilangan barang daganagan makan bonus bagi karyawan semakin besar
15. salah satu pertanyaan quis dari presenter adalah : apa kelemahan bisnis ritail, lalu apa jawaban dari mahasiswa yang berani menanggapi pertanyaan tersebut. (dari seminar 30 april 2011)
Persaingan yang sangat ketat karena banyak pengusaha retail yang menjamur tanpa menggunakan peraturan retail yang jelas dari pemerintah. Ada dimana-mana, setiap sudut tempat selalu ada sehingga toko retail selalu bersaing satu sama lain dari harga, kualitas, dan ketersediaanya dalam menawarkan produk. Seperti yang kita ketahhui bahwa permintaan akan pasar yang semakin beragam bisnis retail yang muncul berkembang cukup pesat di indonesia, biaya investasi atau modal yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan toko lainnya.

2 comments:

  1. jelaskan kaitan pola konsumsi masyarakat indonesia dengan kesuksesan bisnis retel modern

    ReplyDelete