1. Apakah definisi dari bisnis ritel itu jelaskan? (file 1)
semua kegiatan yang terlibat dalam menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk kepentingan pribadi, non-bisnis digunakan
2. terdapat 3 macam jasa dalam industri ritel : self service, self-selection, dan limited service. Jelaskan dan berikan 2 contoh sekitar kita bisnis ritel yang menerapakan tersebut? (file 1)
Self service adalah konsumen lebih bebas memilih produk yang dipilih oleh masyarakat. sistem pelayanan terpadu yang memungkinkankonsumen dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus langsung datang ketempatanya.
Contohnya ;- membayar utang, menyetor atau menarik dana, dan transfer yang ditakukan secara otomatis metatui anjungan tunai mandiri (ATM) atau sarana phone banking sistem pelayanan ini hanya dapat dilakukan apabila didukung oleh tersedianya sarana fasititas dan kesiapan semua pihak terkait.
- Makanan prasmanan
Self-selection adalah partisipan sendiri yang memutuskan untuk ikut suatu survey misalnya. Contoh: - survey presiden mana yang akan dipilih yang diadakan oleh suatu situs akan mengalami bias ini, karena orang-orang yang berpartisipasi adalah orang-orang yang memiliki opini yang condong ke salah satu calon.
- Orang-orang yang cenderung tidak menyukai calon yang ada cenderung akan tidak mau menyusahkan diri meluangkan waktu dan uang untuk mengikuti survey itu. Maka survey seperti ini tidak dianggap valid sebagai suatu dasar.
Limited service adalah di mana pelanggan umumnya memesan atau memilih item dan membayar sebelum makan. Makanan dan minuman boleh dikonsumsi di tempat, dibawa keluar, atau dikirim ke lokasi pelanggan. Beberapa perusahaan di industri ini dapat memberikan layanan makanan ini dalam kombinasi dengan menjual minuman beralkohol.



3. apa saja indikator bahwa penjualan kita efektif jelaskan? (file 1)
• Jumlah orang yang lalu lalang
• % yang masuk took
• % Dari mereka yang membeli
• Jumlah yang dihabiskan per penjualan
4. sebutkan dan jelaskan trend dalam industri ritel dewasa ini? (file 2)
• Perbedaan dalam Format Retail => besar, kecil
• Meningkatnya konsentrasi industri
• Globalisasi
• Penggunaan berbagai cara interaksi pada konsumen
5. bagaimana cara pengecer dapat berinteraksi dengan konsumennya jelaskan? (file 2)
• Retail non-store => teknologi
• Store retail => direct mail, katalog
• Cara kombinasi => internet, katalog ,
6. sebutkan dan jelaskan 3 dari 5 fungsi bisnis ritel? (file 2)
• Menyediakan berbagai jenis produk dan jasa
• Memecah ukuran produk
• Penyimpan persediaan=> jaminan tersedia
7. sebutkan dan jelaskan 4 macam penjualan yang tidak menggunakan toko? (file 2)
• Ritail Elektronik
– Vending machine
– Melalui telepon
– Menggunakan situs internet
– Kartu kredit, transfer bank
• Katalog dan Pemasaran Surat Langsung
• Direct Selling => hub jk panjg
• Television home shopping
8. sebutkan dan jelaskan proses belanja para konsumen (file 3)
• Pengenalan kebutuhan *
• Pencarian informasi *
• Mengurangi pencarian informasi
• Evaluasi atas bbg alternatif
• Evaluasi setelah belanja
9. sebelum melakukan pembelian, konsumen akan mencari informasi. Faktor-faktor apa saya yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan informasi tersebut? jelaskan (file 3)
• Sifat dan penggunaan produk yg dibeli => makin kompleks makin mendalam
• Karakteristik pribadi pelanggan => berhati2, hemat, cermat
• Aspek pasar dan situasi dimana belanja tsb berlangsung
10. bagaimana cara membangun loyalitas konsumen? (file 4)
– Mengembangkan strategi yg jelas dan tepat => positioning program
– Menciptakan hubungan emosional dg para konsumen mll program loyalitas \
11. terdapat empat macam kunci sukses keberhasilan dalam bisnis ritail ketika memasuki pasar global. Sebutkan dan jelaskan (file 4)
• Keunggulan bersaing yg dpt dipertahankan scr global
• Kemampuan menyesuaikan
• Budaya global
• Kemampuan finansial
12. bagaimana formasi yang mungkin dalam kita membentuk struktur organisasi dalam bisnis ritail? Sebutkan dan jelaskan disertai contoh struktur organisasinya. (file 5)
• Struktur organisasi FUNGSIONAL, mis: dept promosi, dept. keuangan, dept. SDM, dept. pengawasan toko
• Struktur organisasi PRODUK, mis: manajer pakaian pria, manajer pakaian anak2, manajer pakaian dalam, dst.
• Struktur organisasi GEOGRAFIS, mis: manajer lokasi A, manajer lokasi B, dst.
• Struktur organisasi KOMBINASI, mis: Manajer Promosi membawahi manajer lokasi A dan B.
13. masalah hukum dan perundangan-undangan apa saja yang harus diperhatikan para pengecer? (file 5)
• Kesempatan yang sama bagi setiap karyawan
• Gaji atau kompensasi
• Hubungan ketenagakerjaan
• Keselamatan dan kesehatan kerja
• Pelecehan seksual
• Privasi karyawan
14. bagaimana cara meminimalkan pencurian barang dagangan? Jelaskan (seminar 30 april 2011)
- kamera pengintai atau cctv
- motivasi kepada karyawan, sehingga semakin sedikit kehilangan barang daganagan makan bonus bagi karyawan semakin besar
15. salah satu pertanyaan quis dari presenter adalah : apa kelemahan bisnis ritail, lalu apa jawaban dari mahasiswa yang berani menanggapi pertanyaan tersebut. (dari seminar 30 april 2011)
Persaingan yang sangat ketat karena banyak pengusaha retail yang menjamur tanpa menggunakan peraturan retail yang jelas dari pemerintah. Ada dimana-mana, setiap sudut tempat selalu ada sehingga toko retail selalu bersaing satu sama lain dari harga, kualitas, dan ketersediaanya dalam menawarkan produk. Seperti yang kita ketahhui bahwa permintaan akan pasar yang semakin beragam bisnis retail yang muncul berkembang cukup pesat di indonesia, biaya investasi atau modal yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan toko lainnya.
Riques negosiasi
ReplyDeletejelaskan kaitan pola konsumsi masyarakat indonesia dengan kesuksesan bisnis retel modern
ReplyDelete